Bagi anda yang sudah bekerja, mungkin singkatan-singkatan ini sudah sering anda dengarkan. Bahkan sudah tahu penggunaannya. Namun bagi anda yang saat ini masih mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja, informasi ini akan sangat bermanfaat. Selain sebagai 'pegangan', tentu anda akan terlihat lebih profesional jika sudah lebih dulu tahu. Istilahnya, lebih edgy dibanding para kolega.
Berikut 10 singkatan-singkatan yang paling populer dan sering digunakan atau ditemui di dunia kerja.
- N/A (not available)
Jika anda pernah mengoperasikan Microsoft Excel, mungkin istilah ini sering anda temui. Tapi sebagian dari kita mungkin belum tahu apa kepanjangan dari N/A tersebut. N/A sendiri merupakan kepanjangan dari Not Available. Tapi di beberapa situs, N/A ini juga disebut sebagai akronim dari Not Acceptable. Dalam prakteknya, kedua frasa yang disebutkan diatas memiliki makna atau tujuan yang sama. Contohnya, jika anda sedang mengisi daftar pembelian perusahaan untuk kebutuhan produksi bulan ini, namun masih dalam perjalanan. Sebagai tim inventaris atau manajer gudang, anda bisa mengisi daftar dengan on process, on the way atau N/A sebagai Not Available karena belum tiba saat pengecekan.
Contoh lain adalah ketika seorang HRD sedang mendata tanggal pernikahan para karyawan dan menemukan salah satu jawaban dengan N/A, maka N/A disini bisa diartikan sebagai Not Applicable. Artinya, karyawan tersebut belum menikah dan pertanyaan tersebut tidak berlaku untuknya.
Lamar Sekarang: Lowongan Management Trainee (MT) Terbaru Tahun 2024.
- MoM (Minutes of Meeting)
Saat kuliah, sekolah, diskusi kelompok, rapat OSIS, maupun rapat BEM, kita mungkin sering mendengar istilah notulen. Notulen ini adalah juru tulis selama diskusi atau rapat dan membuat laporan secara singkat, padat, dan jelas. Proses menulis hingga pembuatan laporan disebut notulensi.
Di dunia kerja, MoM (Minutes of Meeting) inilah yang catatan detail informasi, himbauan, keputusan dari sebuah rapat untuk kemudian dibagikan kepada semua peserta rapat. Nantinya, MoM ini jadi pengingat atau reminder kepada semua pihak terkait dalam pekerjaan, pengambilan keputusan atau kebijakan.
- ASAP
Tak ada asap jika tak ada api. Eits, bukan itu. ASAP disini merupakan akronim dari As Soon As Possible yang artinya SECEPATNYA. Kalau mendapati email seperti ini dari atasan, maka artinya suatu pekerjaan harus segera diselesaikan karena sifatnya sudah Urgent (genting).
- FYI (For Your Information)
FYI ini sendiri merupakan singkatan paling sering digunakan. Secara sekilas, kita bisa mengartikannya seperti ini "nih, saya beritahu anda informasi ini. Silakan disesuaikan dengan situasi dan pekerjaan anda" atau "ini nih informasi yang terkait masalah tersebut. Segera selesaikan". Mungkin setiap orang berbeda menafsirkannya, tapi maknanya sama, yakni sebagai pemberitahuan tentang suatu informasi.
- SOP (Standar Operasional Prosedur)
Standar Operasional Prosedur (dalam bahasa Inggris disebut Standard Operating Procedure) merupakan alur/proses/tata kerja yang sesuai standar perusahaan. Biasanya SOP ini dijadikan sebagai dokumen tertulis untuk diikuti oleh semua pekerja, termasuk direktur sekalipun.
- KPI (Key Performance Indicator)
KPI (bukan Komisi Penyiaran Indonesia) merupakan indikator atau alat ukur yang digunakan untuk menggambarkan perkembangan atau kemajuan perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya. Selain digunakan sebagai alat komunikasi antara atasan dan bawahan terkait keinginan perusahaan, KPI ini juga bisa dijadikan sebagai ukuran objektif dalam membuat suatu keputusan atau kebijakan.
- ETD (Estimated Time of Departure)
ETD merupakan perkiraan waktu diberangkatkan (dikirimkan). Singkatan ini sering digunakan oleh tim pembelian atau pengadaan. Dengan adanya ETD, perusahaan tertentu dapat membuat perencanaan atas suatu proses atau kebijakan.
- ETA (Estimated Time of Arrival)
Jika singkatan sebelumnya berkaitan dengan waktu keberangkatan atau pengiriman, kalau ETA merupakan perkiraan waktu tiba. Sama seperti ETD, ETA juga digunakan untuk mempermudah perusahaan dalam perencanaan atau membuat kebijakan.
- AKA (Also Known As)
AKA ini merupakan alias kalau di bahasa Indonesia. AKA ini digunakan merujuk pada nama lain atau istilah lain. Misal, salah satu karyawan bernama Joni sering dipanggil 'OmJo' oleh rekan kerjanya. Maka dalam dunia kerja, misalnya, dalam dokumen pembelian dituliskan "Joni A.K.A Omjo".
- PIC (Person In Charge)
PIC merupakan penanggung jawab dari suatu job desk atau pekerjaan tertentu. Tujuan dari penentuan PIC adalah untuk mempermudah atasan dalam memantau dan menindaklanjuti suatu pekerjaan.
0 comments:
Posting Komentar